Jumat, 11 Mei 2012

softball




SEJARAH SINGKAT PERMAINAN SOFTBALL
Permainan softball diciptakan oleh George Hansock (Amerika Serikat) dan dimainkan pertama kali di Chicago. Peraturan Permainan dibuat oleh Lewis Robert tahun 1906 dan pada tahun 1916 diperbaiki oleh Mattew.
Pada tahun 1930, ada perubahan permainan dari indoor ke outdoor oleh H.Fischer dan M.J. Ponley. Pada tahun 1968, permainan softball diperkenalkan di asia, ketika dilakukan kejuaraan di Manila. Softball pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada PON VII di Surabaya tahun 1969.
PERATURAN PERMAINAN SOFTBALL
a. Lapangan
lapangan softball berbentuk segi empat, panjang setiap sisinya 16,76 m. Ukuran lapangan softball adalah sebagai berikut:
* Panjang setiap sisinya 16,76 m
* Jarak dari home base ke tempat pelempar adalah 13,07 m
* Tempat pelempar berdiri (pitcher plate), berukuran 60 x 15 m
4. Permainan softball mempunyai tiga tempat hinggap pelari yang disebut base. Base terdiri atas base I,II dan III, sedang base IV merupakan tempat untuk memukul (home base). Setiap base terbuat dari karet atau kanvas yang merupakan bantalan, dengan ukuran masing-masing base 38 x 38 cm dan tebal 5 – 12,5 cm, kecuali home base berukuran 42,5 x 21,5/22 cm sisi puncaknya berukuran 30 cm.
5. Perpanjangan garis dari home base ke base I dan II disebut garis batas/ sektor, gunanya untuk menentukan bola jatuhnya di dalam atau di luar garis batas.
b. Perlengkapan pemain
Setiap tim harus menggunakan sragam softball dan topi yang bernomor, serta alat lain untuk penjaga.
Perlengkapan untuk para penjaga antara lain :
1. Pemain penjaga memakai glove (semacam sarung tangan) yang terbuat dari kulit agak tebal, berukuran 38 x 38 cm dan beratnya 283 gram. Untuk penjaga belakang atau catcher, selain memakai glove juga mengenakan pelindung muka atau kepala yang disebut masker/ face mark dan pelindung badan yang disebut body protector.
2. Bola terbuat dari kulit yang didalamnya terdiri atas campuran gabus dan karet. Lingkaran bola 30 cm dan berat bola 190 gram.
3. Alat pemukul atau stick yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh PB PERBASASI yang panjangnya tidak lebih dari 40 cm.
Berikut ini cara/teknik dalam permainan softball
1. menangkap bola atas

2. menangkap bola bawah 

c. cara mematikan lawan 
d. cara memukul 
e. cara melempar 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar