Senin, 14 Mei 2012

LEMPAR CAKRAM (Bahasa Inggrisnya Discus Throw)

Lempara Cakram

A. Sejarah Lempar Cakram

          Lempar cakram adalah salah satu cabang atletik pada nomor lempar. Lempar cakram sudah dikenal mulai zaman purba oleh bangsa Yunani purba 708 SM, lempar cakram merupakan bagian dari pancalomba (pentathlon). Pada permulaannya, Cakram yang digunakan pada zaman purba dibuat dari batu terupam halus, kemudian dari perunggu yang dicor dan ditempa dengan berat antara 3 sampai 9 ponds (3,06 – 4,08 kg). Cara melakukan lemparan yang pada mulanya menirukan gaya nelayan yang melempar jaring berulang-ulang. Kemudian, ditemukan lemparan dengan sikap badan menyiku secara khusus dengan badan agak bersandar ke depan.


         Cakram yang dilempar berukuran garis tengah 220 mm dan berat 2 kg untuk laki-laki, 1 kg untuk perempuan. Lempar cakram diperlombakan sejak Olimpiade I tahun 1896 diAthenaYunani.


         Cara melempar cakram dengan awalan dua kali putaran badan caranya yaitu: memegang cakram ada 3 cara, berdiri membelakangi arah lemparan, lengan memegang cakram diayunkan ke belakang kanan diikuti gerakan badan, kaki kanan agak ditekuk, berat badan sebagian besar ada dikanan, cakram diayunkan ke kiri, kaki kanan kendor dan tumit diangkat, lemparan cakram 30 derajat lepas dari pegangan, ayunan cakram jangan mendahului putaran badan, lepasnya cakram diikuti badan condong ke depan.


          Cara memegang cakram adalah dengan ujung jari tangan, ibu jari memengang ujung samping cakram, kemudian pergelangan tangan agak ditekuk sedikit kedalam.






1. Gara membelakangi arah lemparan 

2. Gara menyamping




3. Rangkaian lempar cakram


4. Lapangan lempar cakram


Info selanjutnya silahkan kunjungi di hotihoganthifal.wordpress.com/2012/04/28/sejarah-lempar-cakram

1 komentar: